Wisata Museum di Singapore

Mengajak anak-anak wisata juga bisa sambil memberikan petualangan edukasi yang menyenangkan. Di Singapore cukup banyak museum yang patut dikunjungi, tidak hanya melihat bagian dari sejarah negara ini tapi juga banyak pameran yang mengagumkan. Kami memberikan beberapa list dari sekian banyak museum yang menurut kami populer di kalangan wisatawan manca negara.

Museum Peranakan

https://res.cloudinary.com/hstcxjula/image/upload/b_black,c_pad,f_auto,fl_keep_iptc,h_387,w_580/v1390888669/shsmttyxlausszsf7eij.jpg

Berlokasi di Armenian Street, museum ini mengeksplorasi budaya peranakan di Singapore dan komunitas peranakan lain di Asia Tenggara. ‘Peranakan’ berarti istilah ‘lahir disini’ dalam bahasa Melayu, dan mengacu pada keturunan pedagan asing yang menikah dengan wanita lokal di Asia Tenggara berabad-abad lalu. Museum Peranakan mulai dibuka sejak April 2008 dan memiliki koleksi terbaik artefak peranakan seperti perhiasan, tekstil dan perabotan rumah tangga. Di dalam museum sendiri terbagi beberapa galeri seperti galeri yang memperlihatkan ruang makan keluarga peranakan, dapur keluarga peranakan, perkawinana keluarga peranakan, upacara kematian keluarga peranakan, dan sebagainya.

National Museum of Singapore

http://www.sistic.com.sg/sistic/images/events/15741/1469790043702.jpg

Museum  tertua di Singapore yang didirikan sejak tahun 1887 ini berlokasi di Stamford Road dengan bangunan yang bergaya renaissance.  Di museum ini berisi berbagai artefak dan benda bersejarah yang berkaitan dengan bangsa Singapore. Di dalam National Museum of Singapore terbagi menjadi 2 ruang utama. Pertama adalah Singapore History Gallery, berisi kisah perjalanan Singapore yang dimulai dari abad ke 14 dan diceritakan secara urut dalam bentuk artefak, mulai dari batu, tulisan, foto, dll. Kedua adalah Singapore Living Gallery, isi ruangan ini terbagi 4 tema yaitu fashion, makanan, film & wayang, dan fotografi.

MINT Museum of Toys

https://www.familiesforlife.sg/play-as-a-family/PublishingImages/act033_mintmuseum.jpg

Pastinya menjadi salah satu tempat kunjungan favorite anak-anak. Di museum ini mengajak anak-anak dan orang dewasa kembali bernostalgia dengan menampilkan koleksi mainan sebanyak 50.000 lebih yang langka dan unik dari abad 19 sampai dengan pertengahan abad 20. Museum milik pribadi bernama Chang Yang Fa ini berhasil mengumpulkan koleksinya dari 40 negara dan beberapa di antaranya berasal jauh dari Bulgaria. Dengan design bangunan kontemporer berlantai 5,  kamu bisa menemukan mainan karakter Astroboy, Batman, Popeye; mainan buatan China; koleksi Teddy Bear yang lucu; barang-barang koleksi Tintin; dan masih banyak lagi.

Singapore Art Museum

https://yohanessidi.files.wordpress.com/2016/06/dsc002051.jpg?w=768

Dibuka sejak tahun 1996 dan menempati di jalan Bras Basah Road, Singapore Art Museum (SAM) telah berhasil menjadi salah satu koleksi terbesar publik dunia modern dan kontemporer karya seni Asia Tenggara. Pameran yang disajikan boleh dibilang unik dengan menggabungkan 2 elemen yaitu art and science dan menampung 7.000 hasil karya yang berasal dari berbagai negara di Asia dan penjuru dunia. Selain itu kamu juga bisa melihat hasil karya daur ulang barang bekas yang diubah menjadi benda seni yang unik.